Minggu, 19 April 2009

AZ Alkmaar Kembali Raih Gelar Liga Belanda

AZ Alkmaar meraih gelar juara Belanda kedua kalinya setelah Ajax Amsterdam gagal mengalahkan PSV Eindhoven pada pertandingan Minggu (19/4).
AZ mengangkat piala kemenangan itu pertama kali pada 1981 kendati kalah 1-2 di kandang sendiri atas Vitesse Arnhem, Sabtu (18/4).
Klub itu unggul 11 angka dari Twente Enschede dengan sisa tiga pertandingan dan sembilan poin yang diperebutkan dan berhak mengikuti babak penyisihan grup Liga Champions musim mendatang.
Gelar kemenangan itu merupakan yang kelima bagi pelatih Louis van Gaal setelah ia membawa sukses Ajax pada 1994, 1995 dan 1996 serta membawa Barcelona ke puncak kejayaan mereka pada 1998 dan 1999. Pelatih Belanda itu menjadi direktur teknik Ajax ketika klub itu meraih gelar dalam kompetisi liga pada 2004.
Kemenangan AZ itu untuk memperbaiki hasil dua tahun lalu, ketika dalam pertandingan final musim itu mereka dikandaskan lawan mereka.
Ketika itu, mereka menempati urutan atas klasemen dengan beda selisih gol ketika turun lapangan tetapi kekalahan 2-3 di Excelsior Rotterdam membuat PSV Eindhoven, yang berhak mengangkat piala itu. "Hasil ini tetap tidak memupus hasil buruk pada 2007, karena sebenarnya kami meraih dua gelar tahun itu," kata Van Gaal kepada mingguan Belanda Voetbal International
Van Gaal kecewa dengan penampilan timnya yang tidak seperti biasanya dengan mengatakan, "kami tidak dapat mengatasi tekanan dalam pertandingan itu. Terlalu banyak pemain yang tampil tidak seperti biasanya. Kami gagal memberikan rasa puas kepada penonton kami, karena tidak tampil sesuai harapan mereka. Tapi kami siap dengan gelar ini."

Tidak ada komentar:

 

Friends